SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA BERGUNA BAGI ANDA SEMUA..

Wednesday, October 7, 2009

KOnfigurasi

Konfigurasi Linksys WRT54G2 Wireless-G dan modem prolink H9200R speedy

Huff,, akhirnya selesai juga pekerjaan kecil pertama di masa-masa libur kuliah saya yang pertama hehe,,, lumayan untuk nambah uang saku dan untuk beli buku. Jadi gini, kemarin dapat kerjaan kecil di rumah teman, disuruh membagi koneksi internet untuk rumahnya, awalnya rencananya mau via kabel, tapi setelah berbincang-bincang dalam konfrensi meja bundar (hehe,,,) akhirnya om teman saya itu memutuskan untuk menggunakan wireless untuk jaringan internetnya di rumah agar tidak berantakan. Wah,,, gawat nih dalam hati saya hehe,, kan saya baru sekali belajar setting wirelles hoho,,,.


(klo males baca-bacaan tidak berguna ini klik aja disini untuk menuju ke pokok materi hehe,,,)

Terus kemarin tepatnya tanggal 28 september 2008 pukul 14.30 akhirnya saya ditugaskan untuk berangkat ke daerah mangga dua dan akhirnya saya terdampar di DUSIT. Setelah parkir akhirnya saya dan teman saya bergegas masuk ke dalam gedung dusit dan atas referensi dari teman kuliah saya maka saya datanglah ke digisoft soalnya kata teman saya dia dulu beli wirelles WRT54G di situ. Nah tiba di sana saya langsung bertanya kepada penjualnya, "mbak,ada router linksys ga?" kata mbanya:"tipe berapa?" terus saya jawab: "WRT54G" kata mba nya: "adanya yang WRT54G2, keluaran terbaru", setelah saya coba lihat barangnya, lumayan keren hehe,,, tapi gatau dech kinerjanya :D . Lalu saya tanyakan harganya sekitar 500 lebih dan dari hasil tawar menawar akhrinya sepakat dengan harga Rp. 530.000 wah lumayan hehe,,, terus teman saya juga beli mouse untuk ke 3 laptop dan 1 komputer nya dirumah.

Nah selepas dari situ mampir dikit dech untuk makan hehe,,, lumayan di traktir sama yang punya duit :D . Setelah selesai makan kami pun meluncur pulang dech ke rumah teman ku. Kira-kira pukul 18.00 hehe... dan akhirnya pekerjaan pun di mulai.

Sempat dipusingkan oleh modem proling H9200R dan Router Broadband-G WRT54G2 dari jam 6 sore hingga jam 11 malam (gaq ada hasil ) soalnya gaq mau konek, wirelles nya dah bisa tapi lom bisa internetan hihi,, . Permasalahan awal sebelum menggunakan WRT54G2 ada di modem prolink h9200R dari speedy, soalnya dari modem sudah di setting menjadi dhcp server tapi ketika di coba di client langsung colok, setelah mendapat IP tapi tetap ga bisa internetan, kecuali bila DNS nya di isi manual di client (hoho,, bingung kan,,).

tapi keesokan harinya pukul 10.00 saya meluncur ke rumah teman saya lagi, lalu setelah semalam menguras otak dan akhirnya pada jam 3 selesai juga seluruh konfigurasinya. Untuk itu saya berniat mencoba sedikit share kepada teman-teman caranya, mungkin suatu saat ada yang mengalami hal yang sama :D . (hoho,,akhirnya selesai juga cerita tak berguna ini hehe,,,)

Cara konfigurasi LinkSys WRT54G2 Wireless-G Broadband dengan modem Prolink H9200R dengan koneksi speedy.

1. Settingan di modem yang saya lakukan:
Settingan dari speedy tidak perlu di ubah, hanya saja matikan DHCP server dan isi DNS secara manual. settingan PPP type PPPoE LLC

2. Settingan di linksys:

(sesuaikan dengan IP yang anda gunakan)

Di menu BASIC SETUP

pilih static IP
Internet IP Address: 192.168.1.3
Subnet Mask: 255.255.255.0
Gateway: 192.168.1.2
Static DNS 1: 202.134.0.155
Static DNS 2: (isi dengan dns ke dua)

Local IP Address: 192.168.2.1
Subnet Mask: 255.255.255.0

DHCP Server: Enable
Starting IP Address: 192.168.2.100
Maximum Number of DHCP Users: 10 (isi dengan jumlah client yang di inginkan)
Client Lease Time: 0 minutes (0 means one day)
WINS: 0.0.0.0


Di sub menu ADVANCE ROUTING

Operating Mode pilih router sbg Gateway

Di menu WIRELESS >>>Basic Wireless Settings

Wireless Network Mode: Mixed
Wireless Network Name (SSID): HOMENET (nama wirelles hotspot nya)
Wireless Channel: 11 - 2.462GHz
Wireless SSID Broadcast: Enable

di sub menu WIRELESS
(harus di setting untuk kemananan)

Security Mode: WEP
Default Transmit Key: 1
WEP Encryption: 64 bits 10 hex digits
Passphrase: [masukin password kamu] lalu tekan tombol generate
-- nanti muncul password2 yg bisa di pake utk access WIFI secara otomatis
Key 1:
Key 2:
Key 3:
Key 4:


di sub menu Advanced Wireless Settings
Frame Burst: Enabled

No comments:

Post a Comment